IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMTK KRISTO MANADO

Main Article Content

Asti Wijaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana peran guru dalam memanajemen kelas dengan baik, (2) keadaan guru dan siswa di SMTK KRISTO manado.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi yang dilaksanakan di SMTK KRISTO Manado tahun 2016.


Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Dari hasil analisis dan interpretasi data diperoleh indikasi bahwa: (1) Guru belum maksimal dalam memanajemen kelas atau mengontrol kelas secara efektif. (2) keadaan fasilitas sekolah dan factor masalah siswa menjadi kendala dalam menejemen kelas (3) Guru yang masih belum kompeten atau berpengalaman untuk mengajar. (4) cara penanganan dari pihak sekolah sudah baik tetapi belum di terapkan secara maksimal.


Dari hasil temuan penelitian maka disarankan untuk Guru-guru SMTK Kristo Manado, agar supaya dapat mengelola kelas dengan baik agar supaya proses belajar mengajar berjalan secara efektif dan efisien, dan guru juga diharapkan dapat memaksimalkan cara mengajar untuk lebih baik lagi.

Article Details

Section
Articles